Minggu, 27 September 2015

PANCAKE PISANG TEPUNG BERAS



Assalamualaikum wrwb.

Selamat pagi.... Happy weekend semuanya... Senangnya hari ini libur dari tugas negara nyiapin sarapan, bekal dan keperluan anak-anak sekolah. Biasanya pagi gini tuh riweuh (bahasa sunda tuh artinya sibuk hihii...) sambil cerewet nyuruh anak-anak gerak cepat biar gak Kesiangan nyampe sekolah. Nah, pancake ini jadi salah satu saksi kesibukan saya dipagi hari. Lah kok bisa? Yaa bisa lah... Ini menu sarapan anak-anak beberapa minggu yang lalu (ketauan males nya saya gak pernah ngeblog nih) sebelum berangkat sekolah. Disaat sibuknya menjalankan rutinitas pagi yang super heboh, eh saya masih sempet mengabadikan si pancake. Sambil motret seadanya karena kakak udah nungguin disamping pancake ini sambil tanya 'udah belum ma... ntar kakak Kesiangan nih'. Mau sarapan aja mesti nunggu photo shoot dulu yaa kak hehe. Pagi-pagi kok udah curcol nih saya, back to pancake aja lah.

Pancake yang saya buat ini gluten free, karena tepung terigu diganti dengan tepung beras dan sedikit maizena. Hasilnya pun tetep lembut karena memakai pisang dan yogurt. Yogurt bisa diganti dengan susu cair, santan atau buttermilk (susu cair yang diberi air jeruk nipis dan diamkan sampai timbul gelembung). Pancake paling enak disajikan dengan potongan buah, madu atau sirup marple. Sedangkan yang saya buat ini versi ekonomis nya aja, praktis n simple buat sarapan.

Bahan-bahan :
300 gr pisang ambon, haluskan
150 ml yogurt
100 gr tepung beras
50 gr tepung maizena
50 gr gula pasir 1 butir telur ukuran besar
Sejumput garam
Sejumput vanila bubuk
Madu secukupnya

Cara membuat :
- Siapkan mangkuk besar, kocok telur, gula pasir dan garam menggunakan wisk sampai gula larut.
- Tambahkan pisang dan yogurt aduk rata.
- Masukkan tepung beras, maizena dan vanilla bubuk, aduk kembali hingga rata dan tidak ada gumpalan.
- Panaskan wajan datar anti lengket, tuang satu sendok sayur adonan. Panggang hingga bagian bawahnya kecoklatan, balikkan. Panggang lagi sebentar, angkat.
- Sajikan dengan madu. 

Selamat mencoba...



Tidak ada komentar: