Jumat, 31 Juli 2015

KLAPERTART, MENGGUNAKAN LOCK&LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE



Assalamualaikum wrwb.
Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Tidak ada kata terlambat untuk menghaturkan kata maaf apabila selama ini ada kesalahan yang disengaja ataupun tidak yang pernah saya lakukan. Dan semoga ibadah kita di bulan Ramadhan kemarin diterima Allah SWT dan kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang mendapat mpul bersama ampunan dari Allah SWT. Amin.

Alhamdulillah kemarin sempat mudik ke Bogor, waktu berasa cepet banget sampai nggak kerasa udah 2 minggu aja. Rasanya masih pengen berlama-lama kumpul bersama keluarga besar, dan sampai sekarang pun belum bisa move on dari yang namanya mudik hehee... masih males-malesan aja. Jadi sudah pasti klapertart ini buatnya beberapa minggu yang lalu tepatnya waktu bulan Ramadhan kemaren, dan ini salah satu tajil yang saya bawa untuk buka puasa. Karena sudah jadi kebiasaan kalau hari sabtu minggu saya sekeluarga buka puasa diluar, soalnya dapur tutup kalau weekend.  Nah.... ini nih yang bikin saya gak sabar untuk berbagi dengan temen-temen semua,  Lock&Lock Oven Glass Steam Hole.




Suka banget sama oven glass yang satu ini, pertama liat langsung jatuh cinta... beneran loh. Gimana gak langsung suka coba, penampilannya aja ceria banget karena dilengkapi dengan tutup silicon yang warnanya cerah ditambah icon karakter yang lucu untuk steam holenya. Ukuran  Lock&Lock Oven Glass Steam Hole pun kecil tidak terlalu besar jadi praktis buat dibawa pergi-pergi. Material kaca Lock&Lock Oven Glass Steam Hole terbuat dari borosilicate yang aman digunakan dan tidak mudah pecah karena perubahan suhu panas, tutupnya pun terbuat dari silicon yang aman dimasukan ke dalam microwave hingga suhu maximum 200'C. Dan yang paling membuat saya terkesan di bagian tutupnya terdapat steam hole (lubang udara) untuk sirkulasi udara pada saat dimasukkan ke dalam microwave, sehingga makanan tidak akan menjadi kering dan tidak menghilangkan cita rasa dari makanan. Gimana? Keren banget kan Lock&Lock Oven Glass Steam Hole selain bentuk dan warnanya yang cantik yaa karena keamanannya lah yang membuat saya cinta oven glass ini hehe.



Klapertart adalah kue khas Manado dengan bahan utama kelapa yang ditambah terigu, mentega, susu dan telur. Terdapat beberapa macam cara memasak klapertart, ada yang dipanggang sehingga akan menghasilkan klapertart yang padat dan bisa dipotong ada juga yang tidak dipanggang. klapertart yang tidak dipanggang akan  menghasilkan tekstur yang lembut, yang langsung meleleh begitu masuk kedalam mulut. Yang saya buat ini adalah Klapertart Manado, resepnya saya lihat dari Sajian Sedap. Sewaktu masih panas bagian dalam klapertart belum set betul sehingga kalau dipotong isinya akan meleleh dan teksturnya lembut seperti photo klapertart dibawah. Tetepi kalau sudah dingin dan disimpan dikulkas teksturnya akan padat dan mudah dipotong. Klapertart enak dinikmati hangat atau dingin, kalau saya suka menikmati klapertart selagi hangat dan makannya disendokin langsung sedangkan anak-anak dan ayahnya suka klapertart dingin. Tadi setengah adonannya saya beri keju cheddar parut dan topping keju parut juga, biasa ini request nya anak-anak yang chessy lover. Hasilnya lumayan banyak loh... 2 buah Lock&Lock Oven Glass Steam Hole dan 2 box kecil alumunium. Karena Lock&Lock Oven Glass Steam Hole ini ada sudah ada tutupnya jadi kalau mau dibawa pergi atau piknik langsung saja bawa dan tidak perlu dipindahkan dulu kekotak makanan. Praktis kan.
 


Bahan-bahan :
250 ml susu cair
125 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh pasta vanila
200 ml air kelapa muda
25 gram tepung terigu
50 gram maizena
2 sendok makan margarin
3 butir telur, kocok lepas
250 gram kelapa muda, dikeruk panjang
50 gram kismis, bagi dua
50 gram kenari, iris panjang

Bahan penutup :
1 putih telur
75 gram gula pasir halus
1 sendok makan maizena

Cara membuat:
  1. Larutkan  tepung terigu dan tepung maizena di dalam air kelapa.
  2. Rebus susu cair, gula pasir, garam, dan pasta vanila sampai mendidih.
  3. Masukkan larutan tepung maizena dan tepung terigu. Masak sambil diaduk sampai kental. Angkat.
  4. Masukkan margarin dan telur. Aduk rata. Tambahkan kelapa muda, sebagian kismis dan sebagian kenari. Aduk rata.
  5. Tuang adonan di dalam  Lock&Lock Oven Glass Steam Hole yang dioles tipis margarin. Letakkan di loyang yang diberi sedikit air.
  6. Oven dengan api bawah suhu 160 derajat Celcius selama 30 menit sampai matang.
  7. Penutup,  kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai kental dan licin. Tambahkan tepung maizena. Aduk rata.
  8. Sendokkan di atas klapertart tidak beraturan. Tabur sisa kismis dan kenari.
  9. Oven kembali dengan api atas suhu 170 derajat  Celcius 20 menit sampai kecokelatan.

Klapertart dipanggang dengan cara au bain marie, yaitu adonan kue dimasukkan ke dalam loyang. Kemudian loyang berisi adonan tersebut dimasukkan ke dalam loyang lain yang lebih besar dan berisi air panas. Kemudian dipanggang di dalam oven bersama-sama.




Keistimewaan LOCK & LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE  yaitu menggunakan Heat-Resistant Glass, karena :

AMAN : Tidak pecah dengan sendirinya, Heat-Resistance Glass aman digunakan karena tidak mudah retak ataupun pecah secara tiba-tiba. Temperated Glass rentan pecah dengan sendirinya dan jika pecah menimbulkan banyak kepingan kaca.

OVEN 400'OK : Bisa digunakan dalam microwave, oven dan dishwasher. Heat-Resistan Glass terbuat dari bahan boroseal  (boron trioxide dan silicon dioxide) yang tahan pada suhu panas dan suhu dingin dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu Heat-Resistant Glass bisa digunakan dalam microwave,oven dan dishwasher

RINGAN : Heat- Resistant Glass berat lebih ringan 10% dibandingkan Tempered Glass sehingga tidak akan membuat nyeri pada pergelangan tangan. 

SUHU RENDAH : Permukaannya akan tetap dingin. Persamaan isolator listrik dalam microwave menyebabkan Heat-Resitant Glass tidak menyerap banyak gelombang elektromagnetik sehingga permukaan Heat-Resistant Glass tidakterlalu panas.

BENING : Heat-Resistant Glass permukaannya akan tetap bening tidak akan menjadi keruh, berkabut bila sering digunakan ataupun disimpan dalam jangka waktu yang lama karena kandungan Na2O atau Natrium Oksidanya rendah.




Tidak ada komentar: