Jumat, 21 November 2014

KUE LAPIS BERAS UBI UNGU



Sudah lama saya bookmark resep lapis beras yang menggunakan ubi ungu kukus ini, tapi masih belum kesampaian juga. Nah... begitu punya stok ubi ungu langsung saya buat kue lapis ini. Resep aslinya dari majalah Sedap yang saya lihat dari blog mba Hesti. Ini pertama kalinya saya membuat kue lapis. Ternyata... bener-bener harus sabar yaa dan yang pasti harus betah berlama-lama didepan kompor. Loh kok gitu? ya iyalah kan setiap lima menit sekali harus menuang adonan sampai berlapis-lapis. Kalau saya termasuk kurang sabar untuk membuat kue seperti ini, terlihat dari hasil kue lapis yang saya buat ini. Ukuran setiap lapisan kuenya berbeda-beda besarnya dan teksturnya pun kurang mulus, ini karena kue masih panas sudah saya potong jadi masih basah dan lengket. Selain membuat di loyang besar saya juga membuat kue lapis yang menggunakan loyang muffin satuan. Sayang lapisannya kurang jelas dan warnanya pun jadi kurang menarik, jadi sesuaikan saja warnanya sesuai selera tidak mutlak harus sesuai dengan resep yang ada.





KUE LAPIS BERAS UBI UNGU

Bahan :
250 gr tepung beras
100 gr tepung sagu
1 liter santan dari 1 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan
1 sdt garam
250 gr ubi ungu, kukus, haluskan
300 gr gula pasir
1/4 sdt vanili bubuk
10 tetes pewarna ungu
5 tetes pewarna merah muda

Cara membuat :
  1. Didihkan santan, daun pandan dan garam. Diamkan hingga hangat. Tambahkan ubi kukus, blender sampai halus.
  2. Aduk tepung beras, tepung sagu, gula pasir dan vanili. Tuang campuran santan dan ubi sedikit sedikit sambil diaduk hingga rata.
  3. Ambil 1/3 bagian. Tambahkan pewarna merah muda, aduk rata. Sisanya tambahkan warna ungu, aduk rata.
  4. Tuang satu sendok sayur (150 gr) adonan ungu ke dalam loyang 24x10x7cm yang sudah diolesi minyak. Kukus 5 menit dengan api sedang. 
  5. Tuang setengah sendok sayur (75 gr) adonan merah muda. Kukus dengan api sedang selama 5 menit. Ulangi terus sampai adonan habis.
  6. Terakhir kukus dengan api sedang 30 menit sampai matang.
  7.  Biarkan dingin, lalu potong menggunakan pisau yang diolesi minyak.
Selamat mencoba dan berkreasi dengan kue lapis yaaa.....




Tidak ada komentar: