Jumat, 10 Oktober 2014

MIE TELUR HITAM



Setelah membuat mie hijau, mie merah dan mie ungu, sekarang giliran mie hitam. Sebenarnya sudah lama saya ingin membuat mie yang berwarna hitam, tapi seperti biasa belum juga terlaksana karena faktor "M" yaitu malas hehe. Begitu kemarin ada seseruan 'uploud kompakan' temen-teman instagram yang temanya mie, saya langsung teringat mie hitam. Alhamdulillah nya saya punya tinta cumi yang saya simpan di frezer sewaktu saya membuat gulai cumi isi tahu. Bahan-bahan sudah lengkap langsung deh meluncur ke dapur, dan karena dibantu oleh mas bread maker nggak nyampe 1 jam mie hitam sudah jadi.

Mie hitam ini warnanya cantik, sehat pula karena memakai pewarna alami. Tinta cumi ini sama sekali tidak berbau amis, jadi jangan khawatir mienya nanti jadi amis. Rasanya pun sama persis dengan mie telur pada umumnya hanya warnanya saja yang berbeda.



Resep mie telurnya saya pakai resep mie telur istimewa ncc, dalam resep memakai satu kilo tepung terigu, sedangkan yang saya buat hanya memakai tepung terigu sepertiganya saja dengan tambahan tinta cumi sebagai pewarna.

MIE TELUR HITAM

Bahan :
300 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr  telur (kuning + putih), saya pakai 3 butir
1 sdm   garam
1 sdm tinta cumi

Cara membuat :
  1. Aduk rata tepung dan garam, tuangi telur dan tinta cumi, aduk rata dan uleni hingga kalis.
  2. Tipiskan adonan dengan rolling pin, teruskan gilas dengan alat penggilas mie hinga beberapa kali, sampai adonan halus.
  3. Beri taburan tepung sagu, lalu potong dengan pemotong mie.
  4. Mie siap digunakan.
 


Mie hitamnya saya buat mie udang pedas, ceritanya mau dibikin ala mie ramen jepang. Untuk isian dan bumbunya disesuaikan saja dengan apa yang ada didapur masing-masing yaa. Berikut ini mie ramen udang pedas ala kadarnya versi saya.

Bahan :
Mie hitam dan sawi hijau, rebus
udang, bakso sapi, smoked beef
bawang putih, geprek
jahe, geprek
daun bawang, iris
500 ml air

Bumbu :
1 sdm kecap asin, tambahkan kalau masih kurang asin
1 sdm minyak wijen
2 sdm saus sambal
1/2 sdt cabe bubuk
merica, secukupnya

Cara membuat :
Rebus air sampai mendidih. Masukan udang, bakso dan smoked beef, beri bawang putih, jahe dan sedikit garam. Masak sampai semua bahan isi matang.
Dalam mangkok saji, masukan semua bumbu aduk rata. Tambahkan mie hitam dan sawi hijau, aduk sampai bumbu tercampur rata.
Tata udang, bakso dan smoked beef. Siram dengan kuah udang. Beri taburan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan.



Selamat mencoba....

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mba, mau tanya. merk pasta makernya apa ya? Dan cara perawatan yg tepat seperti apa? Saya sekitar 2x beli pasta maker yg dijual dipasaran, ga berapa lma timbul karatan. Waaaaa jadi malas beli pasta maker lagi. Huhu
Terimakasih mba atas jawabannya dan resep2 ajaibnya. ♥

Isna Sutanto mengatakan...

waalaikumsalam annisa...

saya pakai merk Q2. pasta meker tidak boleh dibersihkan dengan air mba karena akan karatan, jadi cukup di sikat dengan kuas/sikat gigi dan beri minyak goreng disela2 gilingan lalu dilap. biasanya dalam dus nya sudah dilengkapi dgn handuk, kuas dan botol yg ujungnya lancip untuk minyak.