Kamis, 18 September 2014

TUNA SAMBAL MATAH



Sambal matah, pasti sudah sering dengar yaa sambal yang satu ini, sambal artinya racikan bahan bumbu yang dihaluskan, sementara matah itu artinya mentah, jadi sambel matah artinya sambal mentah. Sambal khas Bali ini cocok disajikan dengan berbagai macam masakan seperti ayam bakar, ikan bakar, sate lilit, ayam betutu dan masih banyak lagi. Isi dari sambal matah yaitu cabai, bawang merah, bawang putih, sereh dan daun jeruk yang diiris tipis. Tidak ketinggalan tambahan terasi goreng dan perasan jeruk limau, yang membuat aroma dan rasanya jadi semakin khas.



Ini masakan yang super simple, dalam rangka 'edisi males masak' dan nggak mau berlama-lama di dapur. Masak kali ini nggak pake acara goreng-goreng, tumis-tumis atau bahkan kegerahan karena uap panas di dapur. Lebay banget yaaa hehee. Tuna yang saya pakai untuk campuran pun tuna kalengan, bisa juga diganti pakai ayam suwir, ikan tuna yang direbus atau ikan yang dibakar terlebih dahulu baru dipisahkan dagingnya. Ini dia resepnya :

TUNA SAMBEL MATAH

Bahan :
250 gr ikan tuna kalengan, hancur kasar
5 sdm minyak kelapa asli, kalau tidak ada bisa pakai minyak goreng

Bahan sambel matah :
2 bh cabai merah keriting, iris halus
15bh cabai rawit merah, iris halus
10 bh bawang merah, iris halus
1siung bawang putih, cincang halus
2 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
2btg serai, ambil putihnya, iris halus
1 sdt terasi goreng
1 sdm air jeruk limau
1/2sdt garam
1/2 sdm gula pasir (optimal)
 
Cara membuat :
Campur semua bahan sambal, aduk dan tekan semua bahan dengan punggung sendok.
Panaskan minyak, siram dalam campuran sambel matah
Tambahkan tuna kalengan, aduk rata.
Hidangkan segera.



Simpel dan praktis buatnya, tapi alhamdulillah nikmat. Semakin banyak cabai rawit yang dipakai akan semakin enak dan mantap loh, tapi klo tidak suka pedas juga sah-sah saja kalau mau tidak pakai cabai. Selamat mencoba yaaa..... ^^






Tidak ada komentar: