Jumat, 05 September 2014

FLOSS CHICKEN ROLL BUN (WATER ROUX)





Kangen juga udah lama nggak bikin roti homemade, terakhir buat kayaknya pas awal-awal bulan puasa. Kasian liat bread maker nganggur terus nggak ada kerjaan hehee... terakhir bread maker cuma dibuat ngulenin adonan untuk buat kulit tortilla aja, dan itu pun cuma sebentar banget. Untuk mengurangi rasa kangen menikmati roti buatan sendiri akhirnya buatlah roti gulung abon ayam ini, atau bahasa kerennya 'floss chicken rool bun'. Pernah buat sebelumnya menggunakan adonan roti biasa bisa dilihat disini resepnya. Sedangkan yang saya buat sekarang ini menggunakan water roux, perbedaannya roti yang saya buat sekarang ini teksturnya lebih lembut. Berikut ini resepnya :

Water roux :
- 25 gr tepung terigu protein tinggi
- 125 ml air

Campur air dan tepung terigu dalam panci, aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental jangan sampai mendidih. tandanya apabila diaduk dengan sendok akan terbentuk jejak sendok di dasar panci.

Bahan :
- 200 gr tepung protein tinggi
- 100 gr tepung protein sedang
- 60 gr gula pasir
- 1 sdm susu bubuk full cream
- 1kuning telur+1/2 putih telur
- 5 gr ragi instant 
- 100 gr water roux
- 80-100nml air hangat
- 40 gr margarin
- 1/2 sdt garam 

Topping:
1 butir kuning telur+1 sdm susu cair, kocok lepas
1 batang daun bawang, iris halus
Wijen sangrai, secukupnya

Filling :
Mayonaise
Floss chicken/abon ayam, bisa juga diganti abon sapi

Cara membuat :
  1. Campur terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata.
  2. Tambahkan water roux, kuning telur, putih telur dan air hangat sedikit demi sedikit sampai diuleni hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam uleni lagi hingga kalis elastis, adonan mulus, licin dan  adonan tidak mudah sobek saat ditarik.
  4. Simpan dalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak dan tutup dengan serbet lembab atau plastik warp diamkan kira-kira 45-60 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat.
  5. Kempeskan adonan gilas tipis buat bentuk kotak, tempatkan dalam loyang bolu gulung ukuran 30x30cm yang sudah diolesi margarin.
  6. Tusuk-tusuk dengan garpu di beberapa tempat agar tidak naik saat di panggang, diamkan 20 menit sampai mengembang.
  7. Olesi permukaan atasnya dengan kuning telur taburi wijen dan baun bawang panggang pada suhu 180'c sekitar 15 menit. Gunakan api atas 3 menit terakhir atau pindahkan loyang di rak paling atas (apabila menggunakan oven tangkring/otang) agar permukaan nya berwarna kecoklatan. keluarkan dari oven.
  8. Siapkan kertas roti lebih besar dari loyang, balikkan roti diatasnya olesi dengan mayonaise dan beri abon merata keseluruh permukaan roti. Gulung roti sambil dipadatkan diamkan sebentar lalu potong menjadi 5 bagian/sesuai selera. Beri mayonaise dan abon di setiap sisi/ujungnya.
  9. Siap disajikan. 


 

Tidak ada komentar: