Sabtu, 12 Juli 2014

SEMUR BOLA-BOLA DAGING



Ini salah satu menu buka puasa keluarga kami beberapa hari yang lalu. Setiap belanja bulanan saya selalu stok daging sapi giling, kenapa saya suka menggunakan daging giling? karena daging giling mudah di kunyah oleh anak-anak, terutama untuk ade khansa yang masih 2 tahun dan  karena anak-anak juga hobby makan spagheti pakai saus bolognise yang selalu saya tambahkan daging sapi giling. Saya biasa pilih daging sapi khas dalam tanpa lemak, jadi cepet empuk kalau dimasak.

Bumbu untuk semur yang saya buat ini simple, nggak pake bumbu atau rempah macem-macem. Beda dengan semur betawi yang kaya rasa karena memakai bumbu dan rempah yang lengkap. Tapi kalau soal rasa buat saya dan keluarga semur ini sudah nikmat banget, promosi nih hehee... Insya allah kalau untuk menu berbuka puasa atau sahur, makanan apapun akan terasa nikmat apabila kita selalu bersyukur. Amin yaa robalalamin.


Bahan bola daging :
500 gram daging sapi giling
1/4 bawang bombay cincang halus
garam, merica secukupnya
1 sdm minyak goreng

2 buah kentang, potong lalu goreng
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
50 ml kecap manis
1 sdt gula pasir
400 ml air
1 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/4 sdt merica
1/4 sdt pala
1 sdt garam

Cara membuat :
Campur semua bahan bola daging kecuali minyak goreng, aduk rata. Bentuk bulat sambil dikepal-kepal biar padat, goreng sampai berubah warna dan mengeras. Angkat, sisihkan.
Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas sampai harum.
Masukan bola-bola daging dan kentang goreng, aduk rata.
Tambahkan kecap manis, gula pasir dan air, aduk rata.
Masak sampai kuah sedikit berkurang dan bumbu meresap
Angkat, sajikan.

happy cooking... happy iftar...



Menu semur bola-bola daging ini saya setor juga untuk meramaikan even NCC culinary Weeks dengan tema "menu ramadhan dan lebaran khas keluarga". Makasih host trio ketupat untuk badge cantiknya :)




Tidak ada komentar: