Kamis, 17 Juli 2014

GULAI NANGKA KACANG PANJANG



Gulai nangka atau sayur nangka yang saya buat kali ini penampakannya beda dengan yang biasanya, sengaja saya buat putih kuahnya dan jadi pucat warnanya. Biasanya saya buat gulai nangka memakai cabai merah dan kunyit untuk bumbu halusnya tapi karena saya buat untuk anak-anak juga jadi saya skip cabai dan kunyitnya. Gulai nangka semakin sering diangetin semakin enak dan gurih rasanya, dan hubby lebih suka gulai nangka yang sudah dihangatkan berkali-kali sampai kuahnya menyusut, jadi saya tinggal menambahkan telur rebus saja.

Sebagai pelengkap gulai nangka bisa juga dicampur dengan tahu kulit, tetelan daging sapi, krecek atau menambahkan sayuran seperti labu siam atau kol. Gulai nangka cocok dijadikan teman makan lontong atau ketupat seperti ketupat sayur padang. Kemarin sayur nangka ini saya hidangkan dengan ayam dan tempe bacem goreng, tidak ketinggalan sambal, kerupuk dan lalapan ketimunnya. Karena buatnya sekalian banyak jadi gulai ini bisa bertahan sampai dua hari, kalau masak yang kaya gini berarti tandanya kokinya lagi males masak, masaknya cuma sekali bisa untuk berkali-kali makan sahur dan buka puasa hehee...





Bahan :
1/2 buah nangka muda sekitar 300 gram, potong-potong
10 buah kacang panjang, potong 5cm
8 buah ceker ayam, bersihkan
1000 ml santan encer
500 ml santan kental
2 batang sereh, memarkan
5 cm lengkuas, memarkan
4 lembar daun salam
2 sdt garam/tambahkan bila kurang gurih
1/2 sdt merica
1-2 sdt gula merah/ sesuai selera
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 buah kemiri sangrai

Cara membuat :
Didihkan santan encer, rebus nangka sampai setengah matang.
Masukan ceker, daun salam, sereh dan lengkuas.
Tumis bumbu halus sampai harum, masukan dalam rebusan nangka. Beri garam, gula pasir dan merica.
Tambahkan kacang panjang dan santan kental, aduk sampai kuah mendidih. Masak sampai matang.
Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.



Selamat menjalankan ibadah puasa yaa....



Tidak ada komentar: