Jumat, 18 Juli 2014

AYAM GORENG LENGKUAS



Keluarga kami suka sekali dengan ayam goreng lengkuas ini. Ayam goreng lengkuas ini hampir sama dengan ayam goreng pada umumnya, hanya saja pada sangat mengungkep ayam ditambahkan bumbu dan parutan lengkuas yang banyak. Kalau biasanya serundeng dari parutan kelapa, ayam goreng ini dicampur bumbu serundeng lengkuas. Jadi kebayang dong gurihnya serundeng lengkuas ini walaupun hanya dimakan dengan nasi hangat, alhamdulillah sudah enak.

Berikut ini sedikit tips menggoreng dari saya. Pisahkan ayam dengan bumbunya disaat akan menggoreng, kalau dijadikan satu bumbu lengkuas akan cepet gosong saat ayam nya belum matang. Dan saat menggoreng bumbu lengkuas lebih baik menggunakan saringan, celupkan saringan yang berisi bumbu lengkuas kedalam minyak panas sambil diaduk. Jadi begitu serundeng lengkuas ini kuning kecoklatan dan kering, tinggal angkat saja saringannya. Praktiskan. Ayam ini saat cocok dijadikan menu berbuka dan sahur. Kalau saya, ayam yang sudah diungkep saya simpan dalam wadah tertutup dan disimpan dalam kulkas, untuk persedian sahurnya kaka Kay yang hobi banget makan ayam goreng. Berikut ini resepnya :

Bahan :
1 kg ayam, potong sesuai selera
200 gram lengkuas, saya pakai 2 batang lengkuas.Diparut
3 lembar daun salam
2 batang sereh, memarkan
1 sdt asam jawa, dilarutkan dengan 1 sdm air
200 ml air
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
2 butir kemiri sangrai

2 cm kunyit
1 ruas jahe

Cara membuat :
Siapkan wajan, campur jadi satu ayam, lengkuas parut, daun salam, sereh, air asam jawa, air, bumbu halus, garam, merica dan gula pasir. Aduk rata.
Masak dengan api sedang sampai air susut dan bumbu meresap, Angkat.
Pisahkan ayam dengan bumbu lengkuas. Goreng ayam sampai kecoklatan, angkat. Sisihkan.
Goreng bumbu lengkuas, sampai kuning kecoklatan, angkat. Tiriskan.
Sajikan ayam goreng dengan taburan serundeng lengkuas.



Selamat mencoba....
Selamat menjalankan ibadah puasa ^^






Tidak ada komentar: