Jumat, 27 Juni 2014

KUE SOES



Soes ini selalu jadi camilan favorit anak-anak, apalagi kalau isiannya adalah vla dingin dengan tambahan keju parut. Pasti langsung diserbu deh. Kulit soesnya masih memakai resep Soes NCC yang menurut saya sudah pas untuk rasa dan teksturnya yaitu kokoh, berongga dibagian dalam tapi tetap lembut. Untuk isiannya saya memakai vla vanilla tapi dalam adonan vla nya dibuat tanpa kuning telur. Walaupun tanpa tambahan kuning telur menurut saya vla ini tetap lembut. Begitu vla dingin masukan ke dalam plastik segitiga lalu simpan dalam kulkas. Anak-anak suka menikmati soes kalau vla nya dingin, jadi begitu mau dimakan tinggal menggunting kue soes sedikit dibagian bawah lalu semprotkan vla nya.

Untuk membuat kue soes yang bentuknya cantik dan ukurannya seragam, bisa menggunakan cetakan pie ukuran kecil sebagai dasarnya dan menggunakan spluit bintang untuk menyemprotkan adonannya. Soes yang saya buat ini bentuknya masih berantakan belum rapi, tapi kalau untuk rasa saya puas dengan hasilnya.



KUE SOES 

Bahan kulit :
225 ml air
100 gr margarin
1 sdm gula pasir
125 gr tepung terigu protein tinggi
4 btr telur

Cara membuat :
Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat, dinginkan.
Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata.
Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah dioles margarin, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi 200'C hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarin lagi di permukaannya.

Bahan vla :
500 ml susu cair
125 gram gula pasir
1/2 sdt garam
25 gr tepung maizena
50 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm margarin
1/2 sdt essen vanili

Cara membuat:
larutkan susu cair, gula pasir, garam, tepung maizena dan tepung terigu.
Masak sambil diaduk sampai adonan licin dan meletup-letup. Angkat biarkan hangat.
Masukan margarin dan essen vanili, aduk rata.
Sobek atau gunting sedikit setiap kulit sus. Masukkan vla kedalam plastik segitiga, isikan pada kulit. Taburi dengan gula halus, sajikan.

Selamat mencoba......




Tidak ada komentar: