Rabu, 07 Mei 2014

TUMIS DAUN SINGKONG BELACAN



Tumisan daun singkong ini jadi favorit saya dan suami, apalagi ditambah terasi. Terasi atau ada juga yang menyebutnya belacan membuat tumisan daun singkong ini menjadi lebih nikmat dan dapat meningkatkan aroma masakan. Karena terasi terbuat dari udang rasa tumisan daun singkong ini menjadi lebih gurih, apalagi ditambah teri nasi dan cabai, hmm tambah nikmat.

Buat saya tumisan daun singkong ini jadi pengganti buntil. Tau kan buntil, daun singkong yang diberi isian kelapa parut dan ikan teri lalu dibuntel dan diikat. Saya hobi banget maka buntil  apalagi suami, tapi karena disini nggak ada yang jual dan kalau buat pun lama dan  susah apalagi saat membungkusnya, akhirnya saya males buat buntil. Sebagai gantinya saya buat tumisan daun singkong ini dan alhamdulillah suami suka, malah kalau disuruh pilih tumis daun singkong atau gulai daun simgkong suami lebih memilih tumisan ini. Buatnya pun lebih mudah, praktis dan cepat.



Sebelum share resep daun singkong belacan ini berikut sedikit tips bagaimana cara merebus  daun singkong. Merebus daun singkong agar cepat empuk dan warnanya tetap hijau adalah dengan memilih daun singkong yang muda saja. Setelah dibersihkan masukan kedalam panci yang berisi air mendidih yang sudah diberi garam kurang lebih 1sendok makan dan minyak goreng kurang lebih 1-2 sendok makan. Tutup panci dan rebus dengan api besar sambil sesekali diaduk,  jika sudah terasa empuk segera tiriskan.


TUMIS DAUN SINGKONG

Bahan :
3 ikat daun singkong, rebus, iris
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang sereh
10 buah cabai rawit utuh
50 gram teri nasi, seduh air hangat, tiriskan
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
200 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

3 buah cabai merah besar
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt terasi, bakar
1 buah tomat merah

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Masukkan teri nasi. Aduk rata.
  2. Masukkan daun singkong, garam, gula pasir, dan merica. Aduk rata. Tuang air dan cabe rawit utuh. Masak sampai matang dan air mengering. Angkat, sajikan.






2 komentar:

Rika Oktianti mengatakan...

Bahasa melayunya terasi itu belacan mba Isna. Di Pontianak karena banyak melayunya, jadi kami lebih familiar dengan nama belacan daripada terasi.

Isna Sutanto mengatakan...

Kebalikannya di jawa yaa mba rika, kalau disini kenalnya terasi. jarang orang yang tau kalau belacan tuh terasi :)