Selasa, 22 April 2014

SETUP PISANG





Setup buah adalah paduan beberapa jenis buah segar atau kering yang dimatangkan dalam air gula. Untuk setup buah segar bisa menggunakan pisang, nanas, salak, anggur dan strawberry. Sedangkan untuk buah kering bisa berupa peach, kismis, apel dan prune. Atau bisa juga  paduan antara buah segar dan kering disesuaikan dengan selera saja. Kuah setup berupa air gula yang dibubuhi kayu manis, cengkih, atau kulit jeruk. Agar mendapatkan sensasi rasa baru, cobalah ganti sebagian gula dengan gula palem. Tambahkan jahe segar dan adas manis sebagai variasi rempah. 

Untuk setup pisang baiknya pisang  yang digunakan adalah pisang kepok yang tua dan tidak terlalu matang agar saat proses perebuasan pisang tidak hancur dan bentuknya masih tetap cantik. Sedangkan yang saya buat menggunakan pisang raja karena punyanya hanya pisang jenis ini. Sah-sah saja lah daripada tidak jadi menikmati setup yaa hehe... dan buat saya rasanya enak juga dan ketika di rebus pisang raja ini juga tidak lembek atau hancur. Setup tidak hanya enak disajikan dalam keadaan dingin tapi bisa juga disajikan hangat.


SETUP PISANG

Bahan :
10 buah pisang raja, potong serong tebal 1 1/2 cm
2 batang kayumanis, panjang kira-kira 6cm
5 butir cengkeh
150 gram gula merah sisir
50 gram gula pasir atau sesuai selera
1/4 sdt garam
1.500 ml air  

Cara membuat :
  1. Rebus air, kayumanis, cengkeh, gula merah, gula pasir, dan garam sambil diaduk sampai mendidih dan harum. Saring. Didihkan lagi.
  2. Masukkan pisang. Rebus di atas api sedang sampai matang dan meresap. Biarkan dingin.
  3. Sajikan hangat atau bersama es batu.
 Selamat mencoba yaa.... ^^




Tidak ada komentar: