Rabu, 16 April 2014

ROTI SISIR LABU KUNING





Stok labu kuning nggak pernah habis di frezer, soalnya setiap liat labu parang kuning pasti tertarik, apalagi kalau labunya sudah tua dan warna dagingnya juga sudah kuning tua keoren-orenan pasti deh langsung dibeli. Biar awet labu biasanya langsung saya kukus, dihaluskan dan saya kemas dalam plastik seberat 200-300 gram. Simpan dalam frezer, ntar kalau mau pakai tinggal di thawing aja di suhu ruang.

Kali ini saya buat roti dari labu kuning, karena memang belum pernah buat sebelumya. Roti labu kuningnya saya buat roti sisir, kalau buat saya roti sisir atau roti sobek kayaknya sama saja ya... cuma bedanya roti sisir dibuat memanjang dan lebih tipis dibanding roti sobek, dan memotongnya sama-sama disobek/ditarik. Saya memakai resep dari Sajian Sedap, resep aslinya memakai kentang tapi saya ganti dengan labu kuning. Karena labu kuning teksturnya setelah di kukus dan dihaluskan lebih berair dibanding kentang, jadi takaran airnya saya kurangi dari resep asli. Lebih baik ketika memasukan air ke dalam adonan sedikit-sedikit saja jangan langsung sekaligus, jadi apabila dirasa adonan sudah kalis atau tidak lengket ditangan hentikan penambahan air.





Satu resep roti ini saya bagi menjadi dua, sebagian saya buat roti sisir yang sebagian lagi saya isi dengan selai kacang dan coklat keju.

ROTI SISIR LABU KUNING

Bahan :
400 gram tepung terigu protein tinggi
200 gram labu kuning kukus, dihaluskan
20 gram susu bubuk
1 1/2 sdt (6 gram) ragi instan
75 gram gula pasir
1 butir telur
1 kuning telur
50 ml air es
75 gram margarin
1 sdt garam

Bahan Olesan (aduk Rata):
1 kuning telur
1 sdm susu cair

Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu, labu kuning, susu bubuk, ragi instan, dan gula pasir. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur dan air es sedikit - sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan.
  4. Untuk membuat roti sisir. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  5. Giling adonan. Gulung dan bentuk oval. Letakkan di loyang loaf yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Diamkan 30 menit sampai mengembang. Oles dengan bahan olesan taburi gula pasir.
  6. Panggang selama 25 menit dengan suhu 190'C.
  7. Angkat. Sajikan roti dengan olesan mentega. 


Untuk roti isi selai kacang saya buat bulat dan atasnya diberi taburan wijen, sedangkan untuk roti coklat keju saya bentuk seperti konde cara membuatnya bisa di lihat di Home Baking. Roti labu ini hasilnya lembut dan warna rotinya pun cantik, dinikmati hangat atau sudah dingin buat saya roti ini sama-sama enak apalagi kalau dimakan sambil dicelupkan kedalam susu atau coklat hangat, hmmm..... pasti tambah enak ya.

Sisa stok labu kuningnya masih banyak banget, next dibuat apa yaa... kebayang macem-macem deh yang mau dibuat, semoga sih terwujud nggak cuma maunya aja hehee... Happy baking.







Tidak ada komentar: