Senin, 28 April 2014

MEXICAN COFFEE BUN DENGAN WATER ROUX



Mexican coffee buns atau coffee cookie buns adalah sejenis roti manis yang diberi topping rasa kopi dengan filling salted butter beku yang meleleh saat dipanggang. Roti ini selalu menjadi roti favorit keluarga apalagi anak-anak. Ini kedua kalinya saya membuat mexican coffee bun atau biasa kita kenal dengan sebutan roti boy. Roti boy yang pertama kali saya buat menggunakan resep soft bread NCC dan untuk toppingnya memakai resepnya Bunda Ricke. Sedangkan untuk adonan dasar roti yang sekarang saya buat menggunakan water roux.

Berikut ini sedikit tentang Tangzhong/water roux. Tangzhong/water roux merupakan bahan rahasia yang berasal dari Jepang, dimana dalam bahasa Jepangnya tangzhong bisa diartikan sebagai pasta tepung yang dihasilkan dari campuran 1 bagian tepung dengan 5 bagian air yang dimasak hingga mengental pada suhu 65 derajat celcius. Roti yang  dihasilkan dengan menggunakan tangzhong/water bisa lembut karena tangzhong bentuknya berupa gel yang bisa menahan air lebih lama dibanding dengan adonan roti biasa.  


Water roux ini memang menghasilkan roti yang empuk dan lembut banget, dan saya selalu puas dengan hasilnya. Apalagi dibuat roti boy kaya gini, nggak pake nunggu lama setelah keluar gari oven sudah langsung diminta sama ayah dan anak-anak. laris manies.... hehee.

Untuk topping nya saya masih menggunakan resep nya bunda Ricke, karena menurut saya hampir-hampir miriplah dengan si roti boy itu. Untuk ukuran rotinya sengaja saya buat tidak terlalu besar, biar pas untuk ukuran anak-anak, jadi kalau mau buat ukuran yang lebih besar seperti aslinya tinggal timbang saja adonannya masing-masing 50 gram. Cara menyemprotkan topping kopinya biasa dilihat di mexican coffee bun yang pernah saya buat sebelumnya. 



MEXICAN COFFEE BUN/ROTI BOY

Water roux :
- 25 gr tepung terigu protein tinggi
- 125 ml air

Campur air dan tepung terigu dalam panci, aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental jangan sampai mendidih. tandanya apabila diaduk dengan sendok akan terbentuk jejak sendok di dasar panci.

Bahan :
- 200 gr tepung protein tinggi
- 100 gr tepung protein sedang
- 60 gr gula pasir
- 1 sdm susu bubuk full cream
- 1kuning telur+1/2 putih telur
- 5 gr ragi instant
-100 gr water roux
- 80-100nml air hangat
- 40 gr margarin
- 1/2 sdt garam

Topping :

50 gr mentega
50 gr gula halus
1 butir telur
60 gr terigu protein sedang
15 gr susu bubuk instant
1 sdm kopi bubuk hitam, larutkan dengan 1 sdm air panas dinginkan.
1sdt pasta kopi

Filling :
Salted butter/mentega asin beku. potong dadu kira-kira 10 gram

Cara membuat :
  1. Campur terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata.
  2. Tambahkan water roux, kuning telur, putih telur dan air hangat sedikit demi sedikit sampai diuleni hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam uleni lagi hingga kalis elastis, adonan mulus, licin dan  adonan tidak mudah sobek saat ditarik.
  4. Simpan dalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak dan tutup dengan serbet lembab atau plastik warp diamkan kira-kira 45-60 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat.
  5. Kempeskan adonan uleni lagi sebentar lalu timbang masing-masing 30-40 gram, bulatkan dan diamkan selama 10 menit.
  6. Pipihkan adonan beri isian butter beku rapatkan dan bulatkan lalu simpan dalam loyang yang sudah diolesi mentega tipis diamkan 30-40 menit sampai mengembang.
  7. Cara membuat adonan topping : kocok mentega dan gula halus sampai benar-benar lembut tambahkan telur kocok rata.  Masukan terigu dan susu bubuk aduk rata. Masu larutan kopi hitam dan pasta kopi aduk rata.  Masukan dalam kantong segitiga/piping bag simpan dalam kulkas sampai siap digunakan.
  8. Panaskan oven 200'C, semprotkan topping secara melingkar dari tengah dengan cara diputar terus seperti obat nyamuk diatas permukaan roti sampai 3/4 bagian saja.
  9. Panggang roti selama 10-12 menit sampai permukaan roti mengering. Angkat dan sajikan selagi hangat. 
Selamat mencoba.... happy baking....


Mama minta tolong kaka Kay untuk bantuin mama pegang roti untuk difoto, eh ade juga minta ikut-ikutan difoto nih. Nggak mau kalah sama kaka pengen jadi model nya juga hehee.... 
Makasih yaaa kaka dan ade yang udah mau bantuin mama..... muach... ^_*





2 komentar:

Sashy mengatakan...

horeee resepnya akhirnya muncul juga ...ijin copas ya Mba :) Thank you

Isna Sutanto mengatakan...

Silahkan Sashy, kelamaan yaa nunggu resepnya.. klo udah bikin jgn lupa anterin yaa :D