Sabtu, 22 Maret 2014

SPAGHETTI AGLIO OLIO SMOKED BEEF



Sebenernya buat spaghetti ini sudah 2 minggu yang lalu dan tumben banget untuk kali ini bisa difoto dan di share resepnya. Karena biasanya saya buat spaghetti aglio olio ini buat sarapan dan hanya saya jepret seadanya dan di posting di ig saja. Tapi karena ini buatnya weekend pas hari minggu jadi setelah jatah sarapan anak-anak sudah dibagi baru sisanya bisa saya foto, kalau nggak gitu pasti ribut terus minta jatah hehe. Beberapa hari yang lalu liat postingan fettuccine aglio olio nya mba Nina, saya jadi inget masih punya foto-foto spaghetti aglio olio yang belum saya posting. Waktu saya liat fettuccini nya mba Nina, woww... kok bisa sama banget yaa food styling dan food prop nya, bener-bener mirip ampe pake wajannya segala buat tempatnya sama. Beneran ini sih sehati banget hehe... saya buatnya sudah hampir 2 mingguan loh dan waktu itu hanya saya posting di ig dan fb saja. Tapi food photografi saya masih jauh lah dari punya nya mba Nina yang kinclong dan selalu focus foto-fotonya, kalau tidak percaya silahkan liat fettuccine aglio e olio  nya mba nina. Bener kan hampir sama, atau saya aja kali yaa yang kegeeran heheee...





Dalam bahasa Italia, saus pasta Aglio e Olio berarti bawang putih dan minyak zaitun. Jenis saus pasta Aglio Olio ini adalah salah satu dari resep saus pasta tradisional Italia yang dapat dengan mudah dan murah dibuat karena tidak memerlukan bahan-bahan spesial atau khusus. Jenis saus pasta ini dikenal berasal dari daerah Agruzzo di Italia namun saus Aglio Olio cukup terkenal di seluruh negara Italia. Pasta yang paling sering dibuat aglio olio paling yaitu jenis pasta spaghetti. Saus dibuat dengan mencampurkan bawang putih yang dirajang halus dengan minyak zaitun, kadang ditambahkan cabai kering, petterseli dan keju parmesan untuk pelengkap.

Aglio olio ini bisa juga dibuat dengan menambahkan seafood seperti udang dan cumi, sosis, smooked beef, tuna kalengan, fillet ayam atau ikan, jamur kancing dan lain sebagainya. Kalau saya biasanya menambahkan sayuran seperti wortel, brokoli, jagung manis atau kacang polong, karena anak-anak hobinya makan spaghetti jadi saya selipkan saja sayuran biar sekalian ikut dimakan. Untuk kali ini saya buat yang super simple saja hanya memakai smooked beef dan kacang polong, sampai lupa nggak saya taburi oregano jadi saya ganti dengan seledri cincang saja. Kalau suka pedes bisa tambahkan irisan cabe/cabe bubuk  sewaktu menumis dan sajikan dengan keju parmesan, makin mantap deh. Tapi karena saya tidak punya parmesan jadi cukup dinikmati begini saja sudah enak, kalau anak-anak sih tetep pakai keju cheddar parut untuk taburan. Mudah, praktis, cepat buatnya dan enak... wajib dicoba loh, berikut ini resepnya :



Selamat mencoba, happy cooking ^^.



Tidak ada komentar: