Rabu, 12 Maret 2014

SOFT & MOIST BANANA CAKE





Pertama liat judul cake ini di fb nya mba Rachmah Setyawati langsung terbayang lembutnya makan banana cake, gimana enggak penasaran judulnya aja soft and moist banana cake. Langsung masuk list yang wajib dicoba deh nih. Apalagi liat komentar temen-temen yang sudah buat cake ini, bikin nelen ludah dan pengen buru-buru icip si banana cake ini.

Resep aslinya dari life love and sugar yang menggunakan vanilla buttercream sebagai fillingnya, sedangkan yang saya buat bener-bener original tanpa fillling dan toping apa-apa. Karena memang tidak punya stok kacang-kacangan dan  lagi  pengen menikmati cake yang rasa pisangnya dominan. Dalam resep asli menggunakan saur milk/susu asam yang dapat diganti dengan yogurt atau butermilk. Buttermilk dapat dibuat dari campuran 1 cup susu ditambah 1 sendok teh cuka atau air jeruk nipis yang didiamkan sampai sedikit kental.

Sesuai dengan namanya ternyata banana cake ini beneran enak, soft dan moist teksturnya, Beda dengan banana bread yang pernah saya buat sebelumnya. Recomended banget dan pasti bakalan jadi banana cake andalan buat camilan atau sarapan karena bahannya simple dan praktis buatnya. Kemarin banana cake ini saya beri olesan strawberry jam homemade diatasnya dan dimakan waktu masih hangat, alhamdulillah tambah nikmat.




MOIST  BANANA CAKE

Bahan :
1/2 cup butter
1 cup gula halus
1/2 sdt vanili bubuk
2 butir telur
2 1/4 cup tepung protein sedang
1/2 sdt soda kue
1 cup pisang yang sudah dihaluskan (saya pakai 3 buah pisang ambon)
1/4 cup sour milk/susu asam (saya pakai 1/4 cup susu uht di campur 1/4 sdt cuka, diamkan 15 menit)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180'C, olesi loyang dengan mentega alasi kertas roti lalu oles lagi dengan mentega. Sisihkan.
  2. Kocok butter, gula halus dan vanili sampai tercampur rata dan lembut. Masukan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
  3. Masukan terigu dan soda kue yang sudah diayak, aduk rata jangan overmix asal tercampur rata saja.
  4. Masukan pisang, aduk rata. Tuang dalam loyang loaf.
  5. Panggang selama 30 menit atau sampai permukaan kering dan ketika ditusuk bagian dalam lembab.
  6. Angkat, dinginkan di rak kawat. Potong-potong, sajikan.




Tidak ada komentar: