Selasa, 18 Maret 2014

CHICKEN DRUMSTICK GORENG



Bosan dengan olahan ayam goreng yang itu-itu saja, berikut ini salah satu variasi olahan ayam goreng yang bentuknya lain dari biasanya dan teksturnya garing. Insya allah ayam goreng seperti ini akan menjadi favoritnya anak-anak karena bentuknya yang unik menyerupai stiknya drum atau pentungan. Chicken drumstick disebut juga ayam pentung atau ada juga yang menyebutnya dengan ayam tulip. Chicken drumstick ini diambil dari sayap ayam bagian atas yang disayat dagingnya kebawah lalu dikumpulkan diujungnya dan digoreng dengan balutan tepung panir. 





Saya sengaja membeli sayap bagian atasnya saja dan membentuk menjadi drumstick nya sendiri, ada juga chicken drumstick yang sudah dibentuk jadi tinggal siap pakai saja. Biasanya yang siap pakai seperti ini adanya di supermarket atau toko khusus daging frozen yaa, setahu saya kalau di pasar jarang menyediakan daging ayam berbentuk drumstick.

Chicken drumstick yang saya buat ini diungkep terlebih dahulu sebelum dibalut bahan pelapis, tapi ada juga yang langsung menggorengnya setelah di lapisi tepung panir. Kalau saya lebih suka mengungkep ayam terlebih dahulu sebelum digoreng karena selain bumbunya meresap, dagingnya pun matang sampai kebagian dalam. Setelah  daging diungkep teksturnya menjadi kaku, jadi ketika chicken drumstick dibalut dengan tepung terigu sambil dikepalkan sehingga berbentuk menjadi bulat.





Lihat bagian dalam nya matang sempurna kan dan rasanya pun menjadi lebih gurih dan kruncy di bagian luarnya. Tapi semua tergantung selera yaa... kalau suka chicken drumstick yang bagian dalamnya juicy/sedikit basah atau tidak diungkep terlebih dahulu, salah satu cara agar bagian dalam matang sempurna adalah dengan menggoreng secara deep frying/seluruh bagian chicken drumstick terendam minyak dan menggunakan api  sedang saat menggoreng.
Alhamdulillah anak-anak suka sekali, yaa pastinya lah.... wong anak-anak nih hobbynya memang makan ayam dan bebek goreng, jadi yaa langsung laris manis. Buat bunda-bunda yang putra-putrinya kadang mogok makan coba variasi chicken drumstick ini, insya Allah menjadi nafsu makan karena melihat bentuknya yang lucu seperti pentungan ini. Selamat mencoba yaaa ^^.






Tidak ada komentar: