Rabu, 05 Februari 2014

TALAM UBI MERAH






Karena masih punya stok 2 bungkus ubi merah frozen yang sudah saya kemas sekitar 300 gram setiap plastiknya, saya berencana membuat kue talam. Waktu lagi cari-cari resep kue talam saya langsung sreg dengan resep talam labu kuning diblog mba Hesti, akhirnya saya coba resep ini dengan mengganti labu kuning dengan ubi merah. Dalam adonan ubinya memakai telur sehingga menghasilkan tekstur yang lembut, tidak terlalu lembek dan rasanya enak.

Ini talam ubi ke dua yang saya buat, yang pertama langsung laris manis semua bilang enak termasuk mertua yang saya antar kue talam hanya beberapa buah saja. Nah karena stok ubi merahnya masih ada akhirnya untuk yang kedua ini saya buat 2kali resep biar hasilnya banyak, puas makannya dan untuk dianter ke rumah mertua juga tentunya. Next time pengen coba kue talam yang terbuat dari labu kuning, kentang, tepung beras atau talam yang tanpa telur biar tau perbedaan rasa dan tekturnya seperti apa. Dan untuk talam yang satu ini wajib dicoba loh....tidak akan mengecewakan deh,  recomended ^^.




TALAM UBI MERAH

Bahan Ubi Merah :
180 gr ubi merah kukus
200 ml santan kental
50 gr tepung beras
100 gr gula
25 gr tepung tapioka
2 butir telur
1/2 sdt garam

Bahan Santan :
180 ml santan kental
40 gr tepung beras
1/2 sdt garam


Cara membuat :
  1. Campur semua bahan ubi merah lalu blender sampai halus dan semua tercampur rata. Sisihkan.
  2. Panaskan kukusan dengan api tinggi sampai mendidih lalu turunkan apinya menjadi kecil. Bungkus tutup dandang/kukusan dengan serbet bersih, agar air tidak menetes ke permukaan kue.
  3. Tuang adonan ubi ke dalam cetakan talam yang sudah diolesi minyak kira-kira 2/3 tinggi cetakan. Kukus selama 10 menit.
  4. Campur semua adonan santan lalu aduk sampai rata.
  5. Tuang adonan santan ke dalam adonan ubi kukus kembali selama 5 menit sampai permukaannya set/kencang.
  6. Angkat kue talam, dinginkan lalu lepaskan dari cetakannya
  7. Kue talam siap disantap.





2 komentar:

ummiaisyah mengatakan...

cantiknya talam tu....pasti sedap kan!

Isna Sutanto mengatakan...

benar enak mba ummi:)