Jumat, 24 Januari 2014

TASTY CHICKEN WING



Suka banget sama ayam yang satu ini, pasti tau dong chicken wing ala resto pizza yang terkenal itu. Kayaknya makan satu porsi saja pasti gak mau berbagi sama yang lain malah kurang kayaknya. Apalagi saya sekeluarga hobby banget makan sayap ayam dan setiap datang ke resto pizza jadi makanan wajib yang selalu saya pesan, sampai ade Khansa suka ngemutin tulang nya hehee... ketularan dari mamanya yaa dek. Jadi jangan heran kalau di blog ini banyak banget resep chicken wing dan setiap membuat opor atau ayam goreng selalu bagian sayap yang saya gunakan, favorit banget soalnya.

Begitu googling dan nemu resep sayap ayam berbumbu punya mba Endang langsung saya bookmark dan jadi list wajib yang harus segera di coba. Rasanya hampir mirip sama yang di resto itu dan bumbunya berasa banget. Resep saya copas dari sini yaa, atau bisa dilihat di bawah ini.



TASTY CHICKEN WING

Bahan:
- 300 gram sayap ayam, saya menggunakan bagian bawah
- minyak untuk menggoreng

Bumbu:
- 1/2 sdt soy sauce/kecap asin
- 1/2 sdt minyak wijen
- 1/2 sdt bubuk bawang putih
- 1/2 sdt saus tiram
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt jahe parut
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 1 1/2 sdm madu
- 1/4 sdt kaldu bubuk (optimal)
- 1/4 sdt cabai bubuk (sy gak pakai)

Cara membuat:
1.      Dalam mangkuk ukuran sedang, campur sayap ayam dengan bumbu. Aduk dan remas-remas hingga bumbu meresap. Masukkan ke kulkas selama minimal 2 jam. Setelah 2 jam sayap ayam akan mengeluarkan air.
2.      Siapkan wajan atau pan anti lengket, tuangkan sayap ayam beserta air rendamannya dan masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Paling mudah dengan menggoyang-goyangkan gagang pan agar sayap berjumpalitan, masak hingga air menyusut dan ayam berubah warna menjadi kecoklatan. Balik-balik ayam supaya tidak gosong. Angkat. 
3.      Untuk pengolahan selanjutnya, anda bisa memanggangnya dioven dengan membungkusnya menggunakan alumunium foil atau menggorengnya dengan api kecil hingga kecoklatan dan matang. Saya menggorengnya sebentar hingga sayap kecoklatan. Jangan menggunakan api besar saat menggoreng, karena bumbunya mengandung madu maka sayap mudah sekali gosong. Angkat sayap dan tiriskan.
4.   Sajikan dengan saus sambal botolan




2 komentar:

Buna's Blog mengatakan...

Waah saya suka sayap ayam,,, contek resep ya mba... :P

Isna Sutanto mengatakan...

silahkan mba, semoga cocok yaaa