Kamis, 12 Desember 2013

KUE RANGI



Kangen banget makan kue rangi gara-gara liat postingan kue ini di instagram temen, jadi waktu ke pasar beberapa hari yang lalu langsung deh beli kelapa parut satu butir. Karena kelapa parutnya gak langsung saya buat kue rangi jadi saya simpan di frezer dulu kelapanya.  Kue rangi adalah salah satu kue tradisional Betawi yang sekarang sudah jarang kita jumpai. Kue dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu.

Cetakkan kue rangi lebih mirip dengan kue pancong/bandros tapi ukurannya lebih kecil. Karena saya tidak punya cetakan kue rangi jadi saya panggang adonan kelapanya pakai double pan atau bisa juga pakai wajan anti lengket. Untuk saus gula merahnya bisa juga ditambahkan potongan nangka, nanas atau durian dan buah-buahan lain sesuai selera. 




Kue Rangi

Bahan:
200 gr kelapa, parut kasar
400 gr tepung sagu/tapioka, sy pakai 360gr tapioka
1 sdt garam

1 lmbr daun pandan, sobek-sobek
125 ml air

Adonan kelapa dan sagu

Saus:
150 gr gula merah
200 ml air
  3sdt tepung sagu/maizena/tapioka, cairkan dgn air
2 lmbr daun pandan, sobek-sobek

Cara membuat:
Untuk Saus: campur gula merah, air dan daun pandan hingga gula larut. Saring airnya.
Cairkan 3-5 sdt tepung sagu/maizena dgn sedikit air, kemudian ambil sedikit air gula dan campurkan, aduk rata. Kemudian tuang cairan ini ke dalam saus gula, masak hingga kental. Sisihkan.
  Untuk adonan: Campur sebagian kelapa dengan tepung, uleni dengan tangan secara merata. Tuang sebagian air, uleni kembali. Demikian selanjutnya hingga semua bahan dasar tercampur dengan rata. Siap untuk dipanggang.
Panaskan cetakan atau wajan. Tuang sedikit adonan secara merata. Tutup dan panggang hingga bagian bawah agak kuning kecoklatan/balik adonan kalau suka rangi yang garing.



Senangnya bisa menikmati kue rangi ini, apalagi ketika dipanggang bau kelapanya wangi banget. Alhamdulillah rasa kangen makan kue ini bisa terobati, malah kalau kata ayah sih rasanya mirip sagon bakar.  Buat yang kangen kue rangi tapi enggak ada yang jual resep ini bisa dicoba, insya allah cocok. Selamat mencoba.... ^^


3 komentar:

Wooden Pin Pastry 'n Cakes Specialist mengatakan...

wah mbak ini jajanan masa kecil hehe ..klo boleh tau dipanggangnya di oven atau gimana mbak??

mau bikin rencananya sih...kangen banget hehe

terima kasih :D

Wooden Pin Pastry 'n Cakes Specialist mengatakan...

wah mbak ini jajanan masa kecil hehe ..klo boleh tau dipanggangnya di oven atau gimana mbak??

mau bikin rencananya sih...kangen banget hehe

terima kasih :D

Isna Sutanto mengatakan...

karena gak punya cetakannya, aku pake double pan mba, bisa juga pake wajan anti lengket.