Selasa, 03 Desember 2013

CHEESE CHICKEN PIE



Pie lagi..pie lagi.. sering yaa posting pie karena emang keluarga kami suka banget segala macam pie, mau pie manis atau gurih alhamdulillah selalu laris manis. Apalagi chicken pie ini kesukaannya anak-anak, ditambah keju yang banyak di dalam isian ayamnya dan taburan cheddar parut diatasnya makin suka deh anak-anak. Kali ini saya membuat shortcrust pasty/kulit pie nya menggunakan telur nyontek resep mba Ike dan mba Wulan dalam buku Pastry & Pie Populer, karena biasanya saya membuat kulit pie tanpa telur bisa dilihat disini. Cheese chicken pie dibuat dicetakan pie mini agar lebih mudah makannya gak perlu potong-potong lagi tapi memang makan waktu yaa buat nyetaknya hehee... untuk isinya saya tambahkan sayuran wortel dan kacang polong biar lebih lengkap isiannya buat kaka Kay dan ade Khansa yang susah makan sayuran.




CHEESE CHICKEN PIE



Bahan Kulit Pie :
250 gr terigu all purpouse
1/2 sdt garam
125 gr mentega dingin (suhu ruang)
1 btr telur
1 sdm air es/air dingin

Bahan Isian :
1/2 buah bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
2 buah daging dada ayam, potong dadu
1 buah wortel potong dadu
3 sdm kacang polong
2 buah sosis, potong dadu
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt pala bubuk
300 ml susu cair
6 sdm tepung terigu
80 gram keju cheddar parut
3 sdm mentega, untuk menumis
keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :
  1. Campurkan mentega, terigu dan garam, aduk hingga berbutir-butir menggunakan pisau pastry/garpuh.
  2. Tambahkan telur aduk rata sampai adonan kalis. Tuang air dingin dan remas-remas kembali hingga adonan rata dan kalis.
  3. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
  4. Sambil menunggu buat bahan isiannya. Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  5. Masukan ayam dan sosis sampai berubah warna, tambahkan wortel dan kacang polong masak hingga matang
  6. Tambahkan garam, merica, pala dan gula pasir, aduk. Masukan susu cair dan tepung terigu aduk sampai mengental dan rata. Masukan keju parut, masak sampai semua bahan kental lalu angkat.
  7. Oles loyang mini pie dengan margarin, cetak adonan pie di dalamnya lalu isi dengan adonan ayam dan taburi dengan keju parut.
  8. Oven 180'C selama kurang lebih 35 menit (tergantung panas oven masing-masing) hingga kering dan matang.  Angkat dan dinginkan. 


Kulit pie yang memakai telur ini renyah dan lembut, setelah dingin simpan didalam wadah kedap udara dan bisa disimpan dikulkas/suhu ruang. Waktu itu saya simpan di suhu ruang dan besoknya saya panggang lagi di oven sekitar 10 menit dan siap dibawa buat bekal mancing. Dimakan pakai saus sambel alhamdulillah enak banget, makan satu aja udah kenyang hehee.... selamat mencoba









Tidak ada komentar: