Rabu, 13 November 2013

LBT#27. CINNAMON OAT BISCOTTI






 Tema untuk LBT#27 bulan Oktober ini adalah Biscotti. Biscotti berasal dari bahasa Latin abad pertengahan yaitu biscoctus, kata yang berarti twice-cooked/baked. Ini didefinisikan kue yang dipanggang dua kali, sehingga kue ini sangat kering dan dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama. Biscotti adalah kukis nan kering, bentuknya lonjong yang sepintas mirip bolu kering karena bahannya boleh dibilang mirip, tetapi biasanya biscotti kaya dengan almond, karena teksturnya yang keras dan kering, ada kebiasaan sebelum memakannya, akan dicelupkan dahulu kedalam kopi.  Kenapa biskuit ini bertekstur keras, kononnya jaman dahulu kala biscotti ini, untuk ransum tentara dan untuk perbekalan perang karena kukis ini bisa bertahan lama, seperti hal nya roti kompyang.

Biscotti yang awalnya beken di Italia diadaptasi juga dibanyak negara dengan nama yang berbeda, di Inggris dengan namarusk, di Perancis dikenal dengan sebutan croquets de Carcassone, di Jerman dengan nama Zwieback, di Yunani adalah Biskota (kalau di kita alat transportasi ya), paxemadia di Israel sedangkan Mandebrot dan Rusia adalah Sukhanki.

Aslinya Biscotti ini adalah kukis almond, seiring berkembangnya jaman rasa biscotti pun mulai variatif, bukan hanya almond, jenis kacang-kacangan lain pun bisa dipakai, seperti hazelnut, pistahio, walnut dan lain sebagainya. Memang ciri khas Biscotti ini selalu ada penambahan kacang didalam resepnya, tetapi buah-buahan kering dan potongan coklat  bisa dicampurkan  juga kedalamnya dan penggunaan tepung juga  bisa diganti  atau dicampur dengan tepung lainnya seperti whole wheat, cornmeal dll.  Aslinya memang biscotti ini tanpa butter, mungkin karena tekstur biscotti yang tanpa butter/mentega inilah yang membuat biscotti lebih keras dan dengan penambahan butter membuat biscotti lebih renyah. Begitupun dengan resep yang menggunakan tambahan  vegetable oil atau cooking oil teksturnya  padat tapi renyah (Sumber: Deskripsi LBT).



Ini biscotti kedua yang pernah saya buat. Sebelumnya saya buat untuk setor tugas LBT juga, tapi karena kelamaan saya simpan di meja dan enggak difoto-foto ehh.. malah ludes deh. Masih menggunakan resep yang sama dengan yang saya buat pertama kali yaitu resep dari Joy of Baking, tapi untuk biscotti ini sudah saya modifikasi semua bahan dan jumlahnya disesuaikan dengan yang ada di rumah saja.  Biscotti ini tidak memakai kacang-kacangan yang menjadi ciri khas dari biscotti klasik karena beberapa kali ke TBK untuk berburu kacang-kacangan kosong semua. Akhirnya saya berdayakan aja bahan yang ada di dapur, untuk campurannya saya pakai oat, sunflower seeds (biji bunga matahari), kismis dan cerry kering.




CINNAMON OAT BISCOTTI

Bahan-bahan :
- 2 cup terigu serbaguna
- 1/2 cup gula pasir
- 1/4 cup gula palem
- 1/2 cup oat
- 1/4 cup sunflower seeds
- 1/4 cup kismis
- 10 buah cerry kering, cincang kasar
- 1 sdt baking powder
- 1/4 sdt garam
- 1 sdt cinnamon/kayu manis
- 3 butir telur
- 50 gram butter

Cara membuat :
  • Ayak terigu, cinnamon, garam dan baking powder. Campur jadi satu oat, sunflower seeds, kismis dan  cerry kering kedalam campuran terigu. Sisihkan.
  • Kocok gula pasir, gula palem dan butter dengan menggunakan wish sampai creamy dan tercampur  rata. Masukan telur kocok lagi sampai semua tercampur.
  • Masukan campuran terigu ke dalam kocokan telur, aduk sampai rata.
  • Siapkan loyang yang sudah dialasi baking paper atau silpat, tuang adonan ke dalam loyang bentuk memanjang dengan lebar 10cm dan tebal 2cm atau sesuai selera. Ratakan dengan menggunakan spatula.


  • Bakar dalam oven yg sudah dipanaskan dengan suhu 170 derajat selama 20-25 menit.
  • Keluarkan dari oven biarkan sampai benar-benar dingin, kemudian potong-potong setebal 1cm dan susun kembali biscotti yang sudah dipotong diatas loyong.
  • Bakar kembali dalam oven dengan suhu 170 selama 10 menit setiap sisinya, sampai kecoklatan dan kering. Angkat dan dinginkan.




Biscotti yang saya buat hasilnya tidak terlalu keras walaupun sudah dipanggang dua kali, karena saya menambahkan butter ke dalam adonannya jadi ada renyak-renyahnya. Wangi cinnamon dan tambahan gula palem membuat kue asal  Italiano ini jadi Indonesia banget tambah enak jadinya.  Biscotti cocok banget dinikmati dengan cara dicelup ke dalam coklat hangat, kopi atau susu. Sensasinya beda banget dengan biscotti yang dimakan langsung, tapi itu semua kembali ke selera masing-masing aja yaa.
"Selamat Berbiscotti Ria Teman-teman...."  Salam LBT

Tidak ada komentar: