Rabu, 23 Oktober 2013

SEAFOOD PIZZA



Iseng-iseng buat pizza karena masih punya stok saus daging sisa buat lasagna, sayang kan kalau sampai nanti kelupaan terus kebuang gitu aja. Pizza ini sebenarnya buatnya sudah beberapa hari yang lalu jadi ini late post (again...). Buat pizza sudah sering tapi untuk kali ini saya coba buat dough nya pakai minyak zaitun, tidak seperti biasanya yang pakai margarin/mentega. Toppingnya pun pakai stok yang ada di kulkas aja, alhamdulillah masih ada udang dan cumi jadi kita buat seafood pizza ala kadarnya. Udang dan cuminya saya tumis sebentar dengan sedikit minyak zaitun dan bawang putih cincang, hanya sampai berubah warna di permukaannya, tumisnya bentar banget yaaa. Sausnya saya pakai saus daging sisa buat lasagna disini, sudah saya tulis lagi resepnya dibawah. 



SEAFOOD PIZZA

Bahan dough : 
400 gr terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang
60 gr gula pasir
10 gr ragi instan
50 gr minyak zaitun/minyak goreng biasa
1 sdt garam
250 ml air es

Bahan saus :
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 siung bawang putih, cincang halus
1buah bawang bombay, cincang
300 gram daging sapi giling
50 gram jamur tiran, cincang kasar
500 ml /1 botol saus tomat
150 ml air
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano kering
1/2 sdt basil kering
2 sdt gula pasir


Topping :

Udang, cumi, bawang bombay, tomat cherry, keju quick melt/mozzareladan oregano.

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kecuali air. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Setelah kalis diamkan sampai adonan mengembang 2 kalinya. 
  3. Tipiskan adonan dengan cara digiling dan bentuk bulat. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  4. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza taburi dengan topping, keju dan oregano.
  5. Oven lagi selama 15-20menit sampai matang dan keju meleleh.
  6. Angkat, sajikan.


Karena saya buatnya pakai setengah kilogram tepung terigu jadi hasilnya banyak banget, 2 buah pizza bulat ukuran sedang dan sisanya saya buat pizza mini. Untungnya rumah mertua gak jauh jadi saya antar sebagian pizza ini, gak mungkin kan pizza sebanyak ini hanya dihabiskan oleh kami berempat. Next time kalau buat seafood pizza lagi saya akan coba udang dan cumi tidak usah ditumis dulu tapi langsung disusun di atas dought pizza saja. Menurut saya mungkin karena mengalami dua kali pemanasan saat ditumis dan di panggang seafoodnya jadi agak keras dan kering. Karena setahu saya udang dan cumi tidak boleh terlalu lama saat dimasak, agar daginnya tetap empuk dan tidak keras atau alot.



Ini pizza mini yang toppingnya di request kakak Kayla, gak mau pakai cumi dan udang, kakak minta pakai sosis dan jagung manis terus atasnya dikasih mayonais. kesukaan kakak dan ade kalau sosis sih....

3 komentar:

ddeewwiips mengatakan...

sebelumnya aku mau blg makasih krn sdh mau bagi2 ilmu gratisan. :)
ikut resep disini berasa bisa masak loh.. aku udah coba stroberi n chicken pie nya. enak.

utk pizzanya ;
waktu didiamkan, perlu di tutup pake plastik wrap/ lap lembab gak ya? (* spt bikin roti gitu). tau diamkan gitu aja.

Thx,

Isna Sutanto mengatakan...

Terimakasih sudah mencoba resepnya dan cocok. untuk membuat dough nya tutup adonan dgn lap lembab agar mengembang, iya spt membuat roti.

indah mengatakan...

Mbak, gak perlu buat biang ya? apa beda pemakaian air es dengan air hangat untuk pembuatan adonan pizza?