Kamis, 05 September 2013

MOLEN PISANG COKLAT KEJU



Kangen banget makan pisang molennya Kartika Sari yang coklat keju, enggak tau kenapa tiba-tiba kok kepengen banget yaa. Terus daripada ngiler dan ngarep ada yang ngirim dari Bandung kenapa gak buat sendiri aja, sekalian ngabisin stok kosvet yang waktu itu belinya kebanyakan. Kulit pastry nya buat sendiri, biasanya saya buat dengan cara kosvet di letakan di tengah adonan yang sudah di bentuk persegi lalu dilipas seperti amplop bisa diliat disini. Tapi untuk yang ini saya gilas adonan memanjang dan kosvet ditata 2/3 bagian adonan saja, step by step nya bisa diliat di blognya mba Hesti.

MOLEN PISANG COKLAT KEJU

Bahan :
500gr tepung protein tinggi
1btr telur
1/2sdt garam
200ml air dingin
50gr unsalted butter, bisa pakai margarin or mentega
200gr lemak lipat/korsvet (pake merk buillon)
 
Bahan isian/Filling :
Pisang, potong memanjang
Coklat meses
Keju cheddar, potong memanjang
Gula pasir/ Susu kental manis

Olesan :
Kuning telur
Susu cair/madu
Keju cheddar parut untuk taburan
 
Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu, garam, telur dan air es, aduk rata. Tambahkan butter dan uleni hingga setengah  kalis. Bulatkan adonan bungkus dengan plastik wrap kemudian istirahatkan selama 15-20menit dalam kulkas.
  2. Keluarkan adonan, gilas membentuk persegi panjang bagi menjadi 3 bagian. Beri kosvet di 2/3 bagian adonan. Tutup dari adonan dari yang tidak diberi kosvet ketengah, lalu lipat kembali. Giling lagi memanjang, lipat lagi seperti tadi. Lakukan sampai 4x. Simpan di kulkas selama 15 menit atau sampai adonan tidak lembek dan mudah untuk di kerjakan.
  3. Gilas adonan sampai tipis, potong kotak kira-kira 10x10cm. Beri taburan gula pasir ditengahnya, pisang, keju, mesis dan terakhir taburi dengan gula pasir lagi. Lipat semua ujungnya ketengah seperti melipat amplop. Beri olesan kuning telur dan taburan keju cheddar parut diatasnya.
  4. Tata dalam loyang yang telah dialasi kertas roti, beri jarang satu sama lain karena kulit pastry akan mengembang.
  5. Panggang dalam oven dengan suhu 160'c hingga berwarna coklat keemasan.
  6. Angkat. Dinginkan. Siap disajikan.
 

Tidak ada komentar: