Jumat, 02 Agustus 2013

PUDING TELUR CEPLOK & PUKIS PANDAN COKLAT



      Alhamdulillah hari selasa minggu lalu dapet giliran isi tajil di masjid dekat rumah, puding telur ceplok dan pukis pandan coklat ini tajil yang saya buat untuk antaran buka puasa di masjid. Karena belum pernah bikin puding telur ceplok ini jadi penasaran banget pengen tahu rasanya apalagi bentuknya yang lucu. Banyak versi untuk membuat puding ini ada yang menggunakan susu cair putih  atau santan untuk putih telurnya , sedangkan untuk bagian kuning telurnya ada yang menggunakan sirup mangga, sunkis atau nutri sari dan ada juga yang menggunakan jus mangga atau labu kuning.
      Saya memilih membuat puding telur ceplok ini dari perpaduan santan untuk putih telurnya dan labu kuning/pampkin/waluh untuk kuning telurnya, rasanya bener-bener enak apalagi dimakan pas dingin alhamdulillah nikmat banget buat tajil buka puasa. Saya buat 2 resep puding telur ceplok dan 1 resep pukis pandan , karena memakai mika yang bentuknya seperti cetakan pie mini jadi bahan agar-agar untuk putih telurnya lumayan nyisa banyak sedangkan bahan kuning telurnya sudah habis, nanti lagi kalau buat memakai mika ini puding untuk kuning telurnya dibuat lebih banyak. Puding ini hasilnya lumayan banyak sekitar 45 buah puding telur ceplok dari 2 resep, saya pakai resepnya Retno Setiyaning Ut dari group Bakul Kue Rumahan (BKR).


PUDING TELUR CEPLOK

Bahan-bahan :
Puding Kuning Telur
200gr labu kuning,dikukus lalu haluskan
1/2 bungkus agar-agar warna putih
50gr gula pasir
300ml santan
sejumput garam

Puding Putih Telur
500ml santan
125gr gula pasir
1/2 bungkus agar-agar warna putih
1sdt jeli bubuk
sejumput garam

Cara membuat :
  1. Buat puding kuning telur : campur jadi satu agar-agar putih, gula pasir garam dan santan. Masak sampai mendidih, angkat lalu masukan labu kuning yang telah dihaluskan, aduk rata.
  2. Masukan dalan cetakan kue talam 3/4 nya saja, diamkan sampai mengeras, sisihkan.
  3. Puding putih telur : campur jadi satu semua bahan masak sampai mendidih, angkat.
  4. Puding kuning telur yang sudah set/ mengeras simpan di plastik mika,tuang puding putih di sekelilingnya biarkan mengeras dan simpan dalam kulkas.
  5. Puding siap dinikmati.


Selain puding saya juga membuat pukis pandan coklat, resepnya sudah pernah saya posting disini. untuk satu resep hasilnya lumayan banyak karena saya pakai cetakan kue pukis yang ukuran sedang dan untuk toping bisa dibuat sesuai selera yaa...kali ini saya pakai topping coklat meses saja. Alhamdulillah bisa berbagi tajil untuk orang yang berbuka puasa dimasjid dan semoga barokah.

Tidak ada komentar: