Senin, 03 Juni 2013

MACARONI SCHOTEL


Klo sering jalan-jalan ke Bogor pasti tahu yaaa resto Macaroni Panggang yang ada di Taman kencana. Setelah tahu cara buatnya dan sering bikin sendiri udah ga pernah tuh mampir ke resto MP lagi kalau pulang kampung ke Bogor. Untuk bahan isian bisa disesuaikan dengan selera, mau pakai daging ayam, beef, tuna atau ikan lain juga bisa ditambah sosis, smoke beef atau daging burger pokoknya suka-suka aja ya..... ditambah parutan wortel, jagung manis pipil atau kacang polong juga enak. Ini dia resepnya....

MACARONI SCHOTEL/MACARONI PANGGANG
Bahan:
- 250 gram macaroni elbow
- 500 ml susu cair
- 100 gram tepung terigu
- 6 butir telur, kocok lepas
- 100 gram keju cheddar parut
- 200 gram kornet sapi
- 4 buah sosis sapi, potong kecil-kecil (pakai smoked beef juga oke)
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1 buah bawang bombay, cincang kasar
- 1 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt kaldu bubuk
- ½ sdt pala bubuk (optional kalo ada)
- 2 sdm margarin untuk menumis
- 100 gram keju cheddar parut untuk taburan
- oregano, untuk taburan


Cara membuat:
  1. Rebus macaroni hingga matang dan empuk. Beri 1 sdm minyak goreng pada air rebusan agar tidak lengket. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  2.  Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay cincang. Tumis hingga layu. Masukkan tepung terigu, aduk sampai berbutir dan tercampur rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak bergerindil. Masak sampai kental.
  3. Masukkan keju cheddar parut, garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan pala bubuk. Aduk sampai keju larut. Masukkan kornet sapi, aduk rata. Masukkan macaroni rebus, aduk rata. Angkat dari api.
  4. Masukkan kocokan telur, aduk hingga telur merata.
  5. Tuang dalam pinggan tahan panas yg telah diolesi margarin.
  6. Taburi atasnya dengan keju cheddar parut dan oregano bila suka. Panggang hingga matang dan permukaannya kecoklatan. Sekitar 45 menit dg api sedang (sekitar 180'c)
  7. Setelah matang, keluarkan dari oven dan potong-potong. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat botolan. Lebih enak dinikmati selagi hangat.


Tidak ada komentar: