Jumat, 03 Mei 2013

SAMBAL LEUNCA



Apakah ada yang tau ini buah apa? atau mungkin sudah pernah lihat tapi tidak tahu apakah buah ini bisa dimakan apa tidak.  Ranti atau leunca (Solanum nigrum L.) adalah tumbuhan anggota suku terung-terungan yang buahnya dikenal sebagai sayuran dan juga menjadi bahan pengobatan. Tumbuhan ini berasal dari Asia Barat dan telah menyebar ke seluruh penjuru dunia karena mampu hidup dalam kondisi tertekan. Dalam bahasa Inggris ia paling banyak dikenal sebagai (European) black nightshade. Sumber Wikipedia
Kalau di Sunda (Jawa Barat) buah ini lebih dikenal dengan nama Leunca, dimakan mentah sebagai lalap atau disayur.  Rasanya seperti terung awalnya akan berasa sepet tapi setelah dikunyah jadi manis, leunca ini juga dapat digunakan sebagai obat-obatan.



Sebenernya ini saya buat sudah lama banget baru saya entri ke blog sekarang. Alhamdulillah waktu itu ada tetangga yang kasih oleh-oleh leunca, ikan asin sepat, ikan peda dan jengkol dalam jumlah yang banyak banget.  Untungnya rumah mertua tidak jauh jadi saya bagi dua aja, kecuali jengkol saya berikan semua ke mertua, karena bukannya tidak suka tapi belum bisa makannya (perut belum bisa terima) apalagi masaknya hehee..... Leunca ini enaknya dimasak dengaan oncom, ditumis pakai cabe yang banyak...pasti nikmat deh. Tumisan oncom dan leunca ini kalau di sunda namanya ulukutek oncom. Tapi sayang di Bali gak ada yang jual oncom jadi leuncanya saya buat sambel dan buat lalapan aja.





Tidak ada komentar: