Senin, 25 Maret 2013

LBT#23 Hokkaido Chiffon Cupcake

Alhamdulillah.....Tantangan LBT bulan ini sudah rampung dibuat, dijeprat-jepret dan dinikmati, dengan penuh perjuangan mengumpulkan semangat. Sebenarnya waktu host ngumumin tema bulan ini  udah mau langsung buat biar gak di ntar-ntar yang nantinya malah bikin males ngerjain, eh....ternyata tetep aja mepet bikin si Hokkaido ini. Karena tanggal 8 Maret kemaren kita sekeluarga pergi ke Malang liburan sejenak dari aktivitas sehari-hari mumpung kaka Kayla libur Nyepi. Lumayan lama sekitar 8hari karena perjalanannya juga lumayan jauh dan lama dikarenakan bawa kendaraan sendiri jadi  bayak berhentinya untuk istirahat.


Sampai di rumah malah tambah males pengennya tiduran terus heheheeee....badan pegel-pegel, capenya baru berasa setelah di rumah. Liat temen-teman udah mulai posting foto-foto HCC nya di group jadi semangat buat baking, mulai cek bahan-bahn alhamdulillah sudah lengkap tapi ga punya paper cup linear...akhirnya diundur deh buatnya cos mau hunting cup linear yg lucu-lucu dulu. Akhirnya dapet juga setelah keliling TBK, emang sih ga harus pakai paper cup yg kotak bisa pakai paper cup bentuk apa aja pakai remekin juga bisa. Resep Hokkaidon Ciffon Cupcake saya contek dari Hesti Kitchen cuma untuk takaran gula pasirnya saya tambahkan dan untuk filling saya pakai vla nya soes yang saya tambahkan coklat putih.


Bahan-bahan :

3 butir kuning telur
35 gram gula pasir
35 gram minyak jagung
60 gram susu cair
70 gram tepung terigu
3 butir putih telur
25 gram gula pasir

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven 170C, dan siapkan cup linear dalam loyang
  2. Kocok kuning telur dan gula pasir dengan wisk hingga pucat, tambahkan minyak jagung dan susu cair aduk rata
  3. Masukkan tepung terigu, aduk rata dan sisihkan
  4. Kocok putih telur dan setengah dari gula pasir dengan kecepatan tinggi sampai berbusa, masukkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai softpeak
  5. Ambil 1/3 adonan putih telur masukan dalam adonan kuning telur, aduk balik sampai rata. Masukan adonan kuning telur ke sisa adonan putih telur, aduk balik.
  6. Tuang dalam cup linear setinggi 3/4 nya, panggang selama 20-25menit di rak tengah oven sampai permukaannya kuning kecoklatan 
Bahan Filling :

500 ml susu cair
2 butir kuning telur
30 gr tepung maizena
100gr gula pasir
1 sdt vanilla
1 sdm butter
50 gr WCC/coklat putih

Cara Membuat :
  1. Campur tepung maizena dengan sebagian susu, aduk rata kemudian tambahkan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Didihkan susu dan gula kastor, masukkan campuran tepung maizena dan coklat putih aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali.
  3. Masukkan vanilla dan butter aduk rata.
  4. Angkat dan dinginkan.
Penyelesainnya :  Masukan filling ke dalam piping bag. Beri lubang tusuk bagian tengah kue yang sudah matang, semprotkan bahan filling sampai meluap keluar. Taburi gula halus dan siap disajikan.


 Oh iya....waktu di panggang cake ini akan mengembang tapi setelah di keluarkan dari oven akan kempes dan menciut ini dikarenakan cake tidak langsung dibalik seperti chiffon pada umumnya yang keluar oven langsung dibalik agar tetap mengembang. Tapi setelah di semprotkan filling akan terlihat menggelembung sedikit, mungkin itu kali yaaa kenapa hokkaido ciffon ini menggunakan filling yang di semprotkan ke dalam cake nya biar terlihat cantik dan berisi cake nya :)


Hokkaido Ciffon cupcake ini teksturnya lembut banget ditambah fillingnya yang juga lembut jadi tambah enak, ga seret di tenggorokan.

Tidak ada komentar: